Perangkat lunak dan keras

20.11 |


No.
Nama
Gambar
Keterangan
1.
CPU (Central Processing Unit)

CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2.
Monitor

Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

3.
Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya
4.
Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

5.
Printer

Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

6.
CD ROM

CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik

7.
Compact Disk (CD)

CD merupakan Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

8.
. Floppy Disk

Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.














9.
Harddisk

Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

10.
Scanner




Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.




2. perangkat lunak (software)
no
nama
gambar
keterangan
1.
Spreedsheet

Spreadsheet ( Lembar kerja ) adalah program serbaguna untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data. Microsoft Excel merupakan contoh dari Spreadsheet terkenal pada lingkungan windows, sedangkan StarOffice Calc merupakan contoh program presentasi Linux.

2.
Program Presentasi

Program Presentasi adalah perangkat lunak/program yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Dan sekaligus untuk berpresentsi. Dalam hal ini, bahan presentasi bisa melibatkan teks, suara, gambar, video,dan animasi. PowerPoint merupakan contoh program presentasi yang terkenal dikalangan / lingkungan Window, sedangkan StarOffice Impress adalah contoh program presentasi di lingkungan linux.




3.
Program pengolah citra

Program pengolah citra (image processing) adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar ataupun foto),berbagai contoh aplikasi pengolahan citra yang terkenal, dan salah satunya Adobe Photoshop merupakan contoh program yang terkenal di window, sedangkan GIMP merupakan contoh pengolahan citra yang terkenal dalam LINUX.

4.
Surat Elektronik (e-Mail)

.

Surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman




5.
DBMS (database management system)

DBMS (database management system) adalah perangkat lunak  yang ditujukan  untuk me laksanakan manajemen data. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk mnyimpan data, manipulasi data, dan mengambbil data yang sangat mudah dan cepat. Dilingkungan PC yang berbasis Window,  Microsoft Access merupakan contoh DBMS yang sangat  populer.

6.
Personal Information Maneger (PIM)

Personal Information Maneger (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi.   Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti untuk menyimpan dan  mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupun untuk mencatat jadwal pertemuan. Contohnya, Lotus Organizer dan microsoft Outlook.



7.
Web Browser

Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi Web ataupun  untuk melakukan transaksi via web. Contohnya, Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web browser yang terkenal dilingkungan window. Ada juga browser yang menyediakan untuk berbagai platform seperti opera dan Mozilla Firefox.

8.
Software Suite


Software Suite adalah  kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah microsoft  Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti microsoft word, microsoft office , microsoft Excel, microsoft Access, dan beberapa program yang lain. Tentu saja, bila software siute  diinstal pada  komputer akan memakan ruang pada hard disk yang sangat besar, padahal belum tentu semua program akan digunakan oleh pemakai.


9.
Perangkat Lunak Multimedia



Microsoft OfficeDengan semakin maraknya pengguna multimedia untuk brbagai keperluan, industri, mperangkat lunak multimedia juga berkembang dengan pesat. Sebagaiman diketahui, multimedia adalah teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video.

10.
Program Sistem

Program Sistem ( sering disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/keluaran. Kedudukan Program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya, peran program sistem sering kali tidak terlihat secara langsung.





0 komentar:

Posting Komentar